Minggu, 18 September 2011

Resume 2 APBO


NIM / NAMA : 09410110022  /  Moh. Rizal Hidayat
DEFINISI UML
-  UML disebut sebagai bahasa yang telah distandarisasi untuk digunakan dalam memodelkan suatu sofware atau sistem.
-  UML sebagai bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata untuk kegunaan komunikasi.
-  Sebuah bahasa model, yaitu bahasa yang mempunyai vocabulary dan konsep tatanan atau aturan penulisan serta secara fisik mempresentasikan dari sebuah sistem.
-  UML adalah bahasa standart untuk pengembangan sebuah sistem yang dapat menyampaikan bagaimana membuat dan membentuk model-model, tetapi tidak dapat menyampaikan kapan dan apa model yang seharusnya dibuat .
-  UML bukan saja merupakan bahasa visual saja, namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemrograman, seperti JAVA, C++, Visual Basic atau bahkan dihubungkan secara langsung kedalam OODB.
Pendokumentasiannya : requirement, arsitektur, design, source code, project plan, test dan prototype.
SEJARAH UML
-  Pendekatan analisa dan rancangan dengan model OO diperkenalkan sejak 1970-akhir 1980.
-  Jumlah yang menggunakan metode OO mulai diuji coba dan diaplikasikan antara 1989 hingga 1994.
-  OOSE (Object Oriented Software Engineering) oleh Grady Booch dari Rational Software Co, dan James Rumbaugh dari General Electric yang dikenal dengan OMT (Object Modelling Language)
-  Standarasisasi -> UML (Oktober 1994)
-  UML di standarisasi oleh OMG (Object Management Group)

DIAGRAM UML
Use Case Diagram
-  Deskripsi fungsi yang disediakan oleh sistem dalam bentuk teks sebagai dokumentasi dari use case symbol.
-  Menjelaskan dan menerangkan kebutuhan yang diinginkan atau dikehendaki user.
-  Menggambarkan urutan interaksi antara satu atau lebih aktor dan sistem.
- Untuk terciptanya sebuah use case diagram diperlukan aktor, dimana aktor tersebut mempresentasikan seseorang yang berinteraksi dengan sistem.

Class Diagram
-  Menggambarkan struktur statis class dalam sistem.
-  Class memiliki 3 area pokok, yaitu : Nama, Atribut dan Metoda
-  Atribut dan metode dapat mempunyai sifat private (tidak dapat dipanggil dari luar class), Protected(hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya) dan Public (dapat dipanggil siapa saja)
State Diagram
-  Menggambarkan semua state yang dimiliki oleh suatu object dari suatu class dan kejadian yang menyebabkan state berubah.
-  Meliputi seluruh pesan dari object yang dapat mengirim dan menerima.
-  Skenario mempresentasikan satu jalur yang melewati sebuah state transition diagram.
-  Jarak waktu antara dua pesan yang dikirim oleh suatu object mempresentasikan sebuah state.

Sequence Diagram
-  Menggambarkan interaksi antara sejumlah object dalam urutan waktu.
-  Berguna untuk menunjukan rangkaian pesan yang dikirim antar object dan interaksi antar object.
-  Digambarkan dengan segi empat yang berisi nama dari obyek yang digarisbawahi.

Activity Diagram
-  Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi.
-  Mempresentasikan bisnis juga workflow operasional dalam suatu sistem.
-  Activity diagram merupakan variasi dari state diagram yang mana ‘state’ merepresentasikan operasi dan transisinya merepresentasikan aktivitas yang terjadi pada saat operasi sudah selesai.

KESIMPULAN
-  UML mempermudah para analis dan programmer untuk melakukan forward maupun reverse engineering.
-  UML memudahkan meta model, sehingga pembacaan alur sebuah aplikasi dapat dipermudah.
-  UML adalah notasi visual untuk menggambarkan konsep berorientasi object yang dewasa ini menjadi standar dalam proyek berorientasi object.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar